Minggu, 08 Mei 2011

Hubungan Antara Sistem Ekonomi dan Sektor Bisnis

Memahami Hubungan Antara Sistem Ekonomi dan Sektor Bisnis


Hakikat Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara masyarakat dalam mengalokasikan sumber daya ekonomi yang sangat terbatas untuk keperluan produksi dan distribusi barang & jasa.
Sumber daya ekonomi atau disebut juga faktor produksi antara lain meliputi (6M) : Man, Money, Material, Machine, Market, Method. Pemerintah kemudian mengembangkan suatu ‘sistem ekonomi’ untuk mengatur dan mengelola keseimbangan antara pemanfaatan sumber daya (6M) yang sifatnya terbatas dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat yang sifatnya ‘unlimited’ tidak terbatas.


3 (tiga) Pilar Penting dalam

 Kegiatan Ekonomi
Ada 3 (tiga) pilar pokok dalam aktivitas kegiatan perekonomian disuatu negara, antara lain :
Kegiatan produksi
Kegiatan konsumsi
Kegiatan pertukaran

Mengapa Kegiatan Ekonomi 
tersebut timbul ?
Kegiatan ekonomi timbul karena adanya faktor penggerak yang mampu memutar roda aktivitas kegiatan ekonomi yaitu adanya kebutuhan dan keinginan (needs & wants) masyarakat terhadap tersedianya produk barang maupun layanan jasa yang berbeda-beda dan bersifat tidak terbatas.
Jadi adanya (needs & wants) tersebut akan menjadi tujuan sekaligus memotivasi terjadinya kegiatan berproduksi, konsumsi dan tukar menukar.

The Different between
Needs and Wants
Needs, berarti kebutuhan, yaitu perasaan kekurangan yang harus segera dipenuhi dengan mengkonsumsi produk barang atau layanan jasa.
Wants, merupakan suatu bentuk kebutuhan yang sudah dipengaruhi oleh budaya, habits dan kebiasaan tertentu.
Misalnya : Pak Amir merasa sangat kehausan setelah jogging mengelilingi monas 3x, Maka logikanya ia akan memenuhi kebutuhan ‘needs’ nya dengan mencari segelas air (air putih, the, kopi, susu, etc) untuk segera diminum. Namun rupanya Pak Amir termasuk typical orang yang rewel dan suka memilih, ia tetap akan bertahan tidak minum meskipun haus, karena ia hanya akan minum ‘wants’ kalau disediakan air mineral dalam kemasan merk : Aqua.

Hierarky Kebutuhan
(menurut Maslow)
Economic System
Economic system is the organizational structure a society uses to balance un unlimited wants and limited resources.
Sistem Ekonomi adalah suatu struktur organisasi dalam masyarakat yang berusaha mencari keseimbangan antara kebutuhan yang sifatnya tidak terbatas dengan sumber daya yang sangat terbatas.

Sistem
Sistem adalah suatu kesatuan atau unit yang terdiri dari subsistem-subsistem yang bekerjasama atau saling mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung untuk mencapai tujuan tertentu.
Perusahaan sebagai suatu Sistem (Business System) berarti merupakan kombinasi dari berbagai sumber daya ekonomi (6M) yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi proses pruduksi dan distribusi barang dan jasa, untuk mencapai tujuan tertentu antara lain memperoleh keuntungan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Business System
Hubungan Langsung & Tidak Langsung dalam Sistem Perusahaan

Aktifitas Produksi

Transformasi
Transformasi (cont), Transformasi berarti terjadinya perubahan bentuk dan kegunaan (utility) dari suatu produk barang maupun jasa. Artinya sesuatu produk barang atau jasa yang semula dianggap remeh dan kurang memiliki manfaat, nilai dan kegunaan, setelah mengalami proses transformasi cq. Proses produksi selanjutnya akan berubah menjadi sesuatu yang lebih berguna dan memiliki nilai tambah “value added”.

Jenis Transformasi
Physical Transformation (Form Utility), yaitu penambahan manfaat dan niali dari sesuatu produk karena telah terjadi perubahan bentuk.
Contoh : Dalam Industri Furniture, kayu glondongan dipotong, diukir, dibentuk menjadi meja, kursi, almari dll.
Location Transformation (Place Utility), yaitu penambahan manfaat dan nilai dari sesuatu produk karena telah terjadi perubahan atau perpindahan lokasi, tempat kedudukannya.
Contoh : Pasir & batu di sungai, setelah ditambang dan diangkut kedarat bisa lebih bermanfaat dan bernilai karena bisa dijadikan bahan bangunan, misal untuk membuat batako, membangun dinding, pengecoran, dsb.

Exchange Transformation (Ownership Utility), yaitu penambahan manfaat dan nilai dari sesuatu produk karena telah terjadi perpindahan status kepemilikan.
Contoh : Motor di showroom, Jika motor tersebut anda beli kemudian anda gunakan untuk beraktifitas, bekerja, kuliah, ngojek dsb, maka akan menjadi lebih bermanfaat.

Physiological Transformation, (dalam Jasa hiburan & kesehatan) Yaitu terjadinya penambahan manfaat dan kenikmatan baru setelah terjadi perubahan kondisi fisik maupun psikis.
Contoh : Anda sakit gigi datang ke dentist gigi dicabut, sakitnya hilang badan (fisik) jadi nyaman. Atau anda merasa ‘bete’ kemudian refreshing kongkow di cafĂ© bersama temen2 dengerin musik, nyanyi, karaoke, setelah itu pulang hati dan perasaan (psikis) jadi senang dan bahagia.

Sistem Ekonomi
Sistem Ekonomi yang effective harus mampu memberikan solusi dan jawaban atas permasalahan pokok perekonomian sebagai berikut :
Apa yang akan diproduksi ? (What)
Berapa Jumlah produksinya? (How Much)
Bagaimana cara memproduksi ? (How)
Untuk Siapa produk tersebut ? (For Whom)
What & How Much ?!

Apa (what) yang harus diproduksi dan berapa banyak jumlahnya (how much)?
Apa yang akan diproduksi (barang/jasa) oleh sektor bisnis (produsen) sangat ditentukan oleh needs and wants dari para konsumen pada saat ini.
Pertimbangan utamanya adalah bahwa selera dan keinginan dari konsumen sangatlah beragam dan selalu dinamis berubah dari waktu ke waktu mengikuti trend yang sedang berkembang, Sehingga produsen harus jeli melalukan riset pemasaran untuk mengamati, membaca dan memprediksikan trend selera konsumen tersebut.

The Different between
Needs and Wants
Needs, berarti kebutuhan, yaitu perasaan kekurangan yang harus segera dipenuhi dengan mengkonsumsi produk barang atau layanan jasa.
Wants, merupakan suatu bentuk kebutuhan yang sudah dipengaruhi oleh budaya, habits dan kebiasaan tertentu.
Misalnya : Pak Amir merasa sangat kehausan setelah jogging mengelilingi monas 3x, Maka logikanya ia akan memenuhi kebutuhan ‘needs’ nya dengan mencari segelas air (air putih, the, kopi, susu, etc) untuk segera diminum. Namun rupanya Pak Amir termasuk typical orang yang rewel dan suka memilih, ia tetap akan bertahan tidak minum meskipun haus, karena ia hanya akan minum ‘wants’ kalau disediakan air mineral dalam kemasan merk : Aqua.
Bagaimana (How) ?!
Bagaimana caranya agar sumber daya atau faktor produksi (6M) yang tersedia dapat digunakan untuk memproduksi produk barang & jasa yang diinginkan konsumen ?!.
Pertanyaan atau problem ini harus dapat dijawab dan diselesaikan oleh sektor bisnis cq. Produsen, dimana perusahaan dituntut untuk dapat berproduksi secara efektif dan efisien dalam menghasilkan produk barang & jasa yang berkualitas dan mampu memberikan kepuasan kepada para konsumennya (customer satisfaction).
For Whom ?!
For Whom, berarti untuk siapa output (produk barang & jasa) itu diproduksi, atau bagaimana produk barang dan jasa tersebut dibagikan diantara warga masyarakat?
Masalah ini tergantung dari ‘Purchasing Power’ atau daya beli dari masing-masing anggota masyarakat, yang diukur dari jumlah ‘kocek’ uang yang dimiliki. Artinya golongan masyarakat yang memiliki daya beli kuat (karena banyak duit = BORJU) akan mampu membeli barang dan jasa yang berkualitas, bermutu tinggi dalam jumlah lebih banyak dibandingkan dengan masyarakat yang daya belinya rendah (GEL).
Mekanisme Harga 
Menjawab Permasalahan Pokok Perekonomian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar